pencarian

Rabu, 16 Mei 2012

dilema menjamurnya warung internet (warnet)

flashing=setInterval("neon()",flashspeed)}
di era modern seperti sekarang ini, keberadaan warung-warung internet menjamur dimana-mana. internet bukanlah hala yang asing lagi bagi anak-anak zaman sekarang. bahkan di kabupaten dompu tidak jarang terlihat anak-anak dengan seragam sekolah bermain warnet. pernah iseng-iseng saya bertanya kepada anak-anak tersebut, apa yang mereka lakukan di warnet, ada yang menjawab mencari tugas, bermain game online atau hanya untuk sekedar up date status facebook maupun twitter.
disadari atau tidak, dampak internet bagi anak sangat lauar biasa. mulai dari hal baik ataupun hal buruk dapat diserap oleh anak melalui internet.
dampak dari internet terhadap perkembangan anak mungkin dapat kita bagi menjadi dua yaitu dampak positif dan dampak negatif. setiap perkembangan yang terjadi di dunia pasti akan membawa dampak yang negatif maupun yang positif, untuk meminimalisir dampak negatif dari internet maka dibutuhkan kontrol yang ketat dari masing-masing orang tua agar perkembangan anak tidak terganggu karena adanya internet ini. yang menjadi masalah pula ialah jika anak mengakses internet di tempat umum(warnet) orang tua tidak amampu mengontrol sang anak maka benteng agama harus diperkuat agar anak mampu memilih mana yang baik dan mana yang buruk.
seperti yang telah disinggung tadi, keberadaan internet memiliki dampak yang positif pula yaitu :
1.internet mampu membuka pola pikir anak
2.intenet bisa ,menumbuhkan kreatifitas dari anak
3. mengajarkan anak agar m,ampu berpikir kritis terhadap semua hal
4.cara berpikir logis dapat ditumbuhkan melalui internet
dampak negatif dari internet antara lain seperti :
1.mmembuat anak mengesampingkan hubungan sosialnya karena sibuk bermain internet
2.anak akan sulit menentukan mana hal yang real dan mana hal yang tidak real
3.anak yang sering mengerjakan tugas sekolahnya cenderung menjadi plagiator dan susah
membuat essay.
4.tanpa ada pengawasan dari orang dewasa anak kan lebih mudah mengakses halaman web yang tersedia, tidak terkecuali konten=konten yang berbau pornografi.

itulah beberapa dampak dari kemajuan teknologi berupa akses internet yang dapat di akses oleh semua orang tidak terkecuali anak-anak pun mampu mengaksesnya. dibutuhkan peran serta orang tua dalam mengarahkan anaknya, agar tidak terjebak dalamhal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar