pencarian

Senin, 26 September 2011

tugas telaah kurikulum dan buku teks

TUGAS
TELAAH KURIKULUM dan BUKU TEKS
“Mereview Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia
Untuk Kelas X”
KARYA:
Tim Edukatif
PENERBIT:
Erlangga


 





Oleh :
Nama    : Firamansyah
Kelas    : IV C
Nim    : BI 09 01 082
Jurusan       : Bahasa dan Sastra Indonesia

STKIP
YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM DOMPU
TAHUN 2011
DAFTAR ISI
 A Daftar Isi......................................................................................................................................
 BAB I Pendahuluan.........................................................................................................................
a. Latar Belakang.......................................................................................................................
b. Rumusan Masalah..................................................................................................................
c.Tujuan.......................................................................................................................................
BAB II Pembahasan.........................................................................................................................
a.Kelebihan Buku Teks..............................................................................................................
b.Kelemahan Buku Teks............................................................................................................
BAB III Penutup...............................................................................................................................
Daftar Rujukan.................................................................................................................................


BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya buku teks disetiap lembaga-lembaga pendidikan sekarang ini, maka diperlukan adanya pemahaman bagi setiap calon guru untuk dapat memahami kira-kira apa saja yang harus diperhatikan dalam buku teks, komponen yang bagaimana yang dibutuhkan dalam buku teks, serta dapat memberi penilaian terhadap buku teks yang dianggap pas untuk dipakai untuk keperluan pengajaran di kelas. Karena itu semua tidak dapat dihindari dengan makin maraknya buku teks yang berkembang disetiap lembaga-lembaga sekolah. Dengan adanya hal-hal tersebut diharapkan calon guru dapat memilah kira-kira buku teks yang bagaimana yang dianggap pantas untuk dipergunakan untuk mengajar, sehingga langkah pembelajaran tidak memberatkan peserta didik dalam memperoleh materi yang diajarkan. Apabila hal-hal tersebut sudah dapat dipahami dengan baik oleh pendidik, maka tujuan pendidikan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang telah dihajatkan secara bersama-sama.
B.     Rumusan Masalah
a.      Apa sajakah komponen dalam buku teks?
b.      Dalam memahami kelebihan dan kekurangan buku teks apa saja yang harus diperhatikan ?
C.     Tujuan
a.      Agar memahami komponen yang terdapat dalam buku teks.
b.      Agar dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam buku teks.
BAB II
PEMBAHASAN
Menurut Suhardi, 2005 (dalamMaman: 2011: 2) mengemukakan bahwa terdapat empat komponen buku teks yaitu, tujuan, isi (materi), rangkuman, dan evaluasi. Dari komponen inilah yang menjadi dasar acuan untuk menentukan kelebihan serta kekurangan yang terdapat pada buku teks yang direview ini. Adapun hal-hal yang akan direview adalah :
A.     Kelebihan Buku Teks
Menurut  Dick dan Carey, 1990 (dalam Maman, 2011: 2) mengemukakan bahwa bahwa keberadaan beberapa komponen buku teks dumaksudkan untuk memberikan kemudahan belajar bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan perolehan hasil belajar siswa. Komponen buku teks yang dimaksud, seperti petunjuk, tujuan pembelajaran, isi (materi), ajaran, latihan, dan rangkuman.
Dari beberapa komponen yang terdapat pada pendapat diatas terdapat beberapa komponen tersebut dalam Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas X, beberapa komponen yang dimaksudkan adalah :
a.      Isi  ( Materi )
Pada penyajian materi yang terdapat pada Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas X tertuang materi yang lebih terperinci, dimana pada penyajiannya dirasakan lebih gampang dimengerti oleh pendidik dalam menyampaikan materinya serta peserta didik dalam menerima dan mengerti materi yang diterima. Materi ini juga disajikan dalam bentuk bahasa yang efektik, mudah dipahami, serta jangkauan materinya disesuaikan dengan tingkat kamampuan berpikir siswa, sehingga dalam proses pendalaman materinya siswa dapat dengan mudah mengaplikasikan tuntutan dari materi tersebut. Hal-hal lain dari penyajian materi ini adalah pendidik dimudahkan pada penyajian alat peraga yang dibutuhkan oleh materi ajarnya, sehingga proses pembelajaran tidak memperoleh hambatan yang berarti bagi pendidik dalam proses tersebut, karena alat peraga merupakan alat penunjamg pelajaran yang mengarahkan siswa pada kemudahan memahami sajian materi dari pendidik.
Menurut Nunan, 1993 (dala Maman, 2011: 3), mengemukakan bahwa sebagai TTP yang terdiri atas lima subkomponen yaitu (1) tujuan, (2) Masukan bahasa, (3) kegiatan atau aktifitas, (4) peran guru dan siswa (role), dan (5) setting. Dari penjabaran ini memperkuat cakupan materi yang tertuang dalam buku teks yang dimaksudkan di atas.
b.      Evaluasi
Menurut Phopan, 1981 (dalam Maman, 2011: 3) mengungkapkan komponen evaluasi (penajaman) dimaksudkan sebagai umpan balik bagi guru agar dapat memahami kelemahan dan kelebihan proses pembelajaran, sehingga dapat digunakan sebagai  acuan dalam meningkatkan proses pembelajaran.
Dalam Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas X memberikan gambaran bagi guru dalam memberikan latihan kepada peserta didik sebagai dasar penilaian bagi guru untuk siswa dalam memahami materi yang diajarkan serta merupakan dasar acuan bagi guru dalam mengembangkan pola mengajar terhadap peserta didik apabila konsep mengajar masih dirasakan terdapat kelemahan-kelemahan berdasarkan hasil evaluasi tersebut.
Guru hendaknya memahami kelebihan dan kekurangan pada peserta didik dalam proses belajarnya, dalam memahami hal tersebut adalah dengan cara melakukan evaluasi dengan cara memberikan latihan pada peserta didik. Dengan hal tersebut juga pendidik dapat lebih berinovasi dalam hal mengajar, sehingga tidak monoton pada satu teknik mengajar saja tetapi melainkan memiliki beberapa pola mengajar berdasarkan tingkat kemampuan belajar siswa didik.
B.     Kelemahan Buku Teks
Adapun kelemahan pada Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas X diperkuat oleh pernyataan, Suhardi, 2005 (dalam Maman,  2011: 2) menegemukakan bahwa mengemukakan bahwa terdapat empat komponen buku teks yaitu, tujuan, isi (materi), rangkuman, dan evaluasi.
Dari beberapa pendangan tersebutlah yang menjadi pijakan dalam menilai bahwa Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas X masih memiliki kelemahan. Adapun beberapa kelemahan pada Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas X adalah:
a.      Rangkuman
Menurut Suharjono, 1992 (dalam Maman: 3) mengungkapkan bahwa komponen rangkuman merupakan upaya yang ditempuh oleh penulis buku teks untuk meninjau terhadap apa yang telah dipelajari, sehingga siswa dapat mempertahankan retensi.
Dari penjabaran tersebut diatas memperjelas bahwa dalam Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas X masih terdapat kelemahan karena tidak memiliki komponen rangkuman, dimana pada pendapat di atas, komponen rangkuman merupakan salah satu komponen yang harus dimiliki oleh buku teks sebagai bahan ajar yang dapat mempermudah serta memperkuat ingatan siswa terhadap apa yang telah diajarkan oleh pendidiknya. Dari komponen rangkuman juga siswa didik dapat memperdalam pemahamannya terhadap sajian materi yang diajarkan karena materi tersebut sudah kemas dalam bentuk yang singkat, padat dan berisi, sehingga siswa dapat belajar dengan mendiri berdasarkan rangkuman yang ada.
b.      Tujuan Pembelajaran
Menurut Chamisijatin, 1996, (dalam Maman, 2011: 2) menegaskan bahwa pencantuman deskripsi kompetensi dan hasil belajar secara eksplisit dalam buku teks sangat penting, karena akan memberikan petunjuk dalam memilih materi pembelajaran, penstrukturan belajar, dan menjadi referensi dalam mengembangkan instrument evaluasi.
Dalam Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas X tidak terdapat komponen tujuan pembelajaran seperti yang harus dimiliki buku teks tentunya. Dengan ketidakberadaan komponen pembelajaran inilah yang memperkuat pernyataan bahwa dalam Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas X masih terdapat kelemahan, karena tujuan pembelajaran merupakan dasar bagi guru untuk mengetahui orientasi belajar siswa setelah melakukan proses belajarnya. Hal itu juga dapat memberikan gamabaran bagi guru kira-kira konsep yang bagaiman yang harus ditawarkan kepada siswa didik berdasarkan tujuan pembelajaran yang tercantum dalam buku teks.
BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Berdasarkan penjabaran pada pembahasan diatas bahwa dalam Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas X masih terdapat kekurangan. Pernyataan itu dapat diperkuat oleh pendapat para ahli buku teks pada umumnya, sehingga Buku Teks Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas X belum dapat dipergunakan sepenuhnya sebagai bahan pembelajaran karena komponen yang tercantum di dalamnya masih kurang memenuhi standar buku teks.
Pemilihan buku teks juga sekiranya dapat memperhatikan komponen buku teks yang ada, guna menunjang terlakasananya proses pendidikan kedepannya menjadi lebih baik dan proses pembelajaranpun dapat diarahkan dengan terarah oleh setiap pendidik disetiap lembaga-lembaga pendidikan yang ada.

DAFTAR RUJUKAN
Maman, 2011. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Dompu: STKIP YAPIS Dompu.
Tim Edukatif, 2007. Komponen Berbahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar